Program Kerja
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA
SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
Tahun 2011/2012
1. Latar belakang
Laboratorium SMP Negeri 2 Kutowinangun adalah tempat pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahuan tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa, yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Laboratorium SMP Negeri 2 Kutowinangun adalah tempat pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahuan tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa, yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Sayangnya sekolah kurang memperhatikan kaidah-kaidah yang jelas tentang pengaturan sebuah laboratorium, yang penting praktikum dapat berjalan lancar.
Untuk itu keberadaan Laboratorium IPA perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun.
Untuk itu keberadaan Laboratorium IPA perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun.
2. Dasar Pemikiran
a. Visi dan Misi serta Program Kerja SMP Negeri 2 Kutowinangun
b. Program Kerja Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kutowinangun
a. Visi dan Misi serta Program Kerja SMP Negeri 2 Kutowinangun
b. Program Kerja Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kutowinangun
3.Tujuan
Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini adalah :
Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini adalah :
a. Agar guru yang telah disertifikasi dapat mengarah kepada guru yang Propesional
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium IPA dalam menjalankan tugasnya.
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium IPA dalam menjalankan tugasnya.
Program Kerja laboratorium dibuat sebelum semester dimulai.
BAB II
PROGRAM KERJA
PROGRAM KERJA
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
Program Kerja Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kutowinangun berisikan :
A. Denah Laboratorium
A. Denah Laboratorium
Keterangan Gambar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A | Ruangan Administrasi dan Persiapan Alat dan Bahan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A1 | Meja Kepala Laboratorium | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A2 | Lemari Buku 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A3 | Lemari Buku 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B | Ruang Penyimpanan Alat dan Bahan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B1 | Meja Persiapan Alat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B2 | Meja Tempat Komputer | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B3 | Lemari Penyimpanan Alat dan Bahan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C | Ruang Pelaksanaan Praktikum | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D | Meja Tempat Tas/ Buku Siswa | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E | Lemari Penyimpana Alat dan Bahan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F | Meja Tempat Westafel | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G | Meja Guru Instruktur | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H | Lemari Asam | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I | Meja Praktek Siswa | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
J | Papan Tulis | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Pintu Masuk | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Pintu Keluar | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Pintu Ruang Administrasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Pintu Ruang Penyimpanan Alat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kursi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Westafel/ tempat pencucian Alat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Penataan Alat dan Bahan
Penataan alat dan bahan praktik IPA merupakan program kerja pengelolaan laboratorium IPA yang sangat bergantung kepada fasilitas yangada di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksuddalam hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, kabinet, dan rak-rak. Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang dikerjakan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1. Persiapan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan
Penataan alat dan bahan praktik IPA merupakan program kerja pengelolaan laboratorium IPA yang sangat bergantung kepada fasilitas yangada di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksuddalam hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, kabinet, dan rak-rak. Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang dikerjakan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1. Persiapan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan
yang tersedia, misalnya lemari, laci, dan rak.
2. Identifikasi, mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya,
2. Identifikasi, mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya,
jumlahnya, sifat fisiknya, harganya, dan sebagainya.
3. Melaksanakan pengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata
3. Melaksanakan pengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata
pelajaran (fisika,IPA, dan biologi) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk.
C. Pengadministrasian Alat dan Bahan
Program kerja pengelolaan berikutnya adalah Pengadministrasian Alat dan Bahan. Bertujuan untuk memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan. Terutama pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratorium. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatan nama alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempat penyimpanannya. Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini dipergunakan format atau buku perangkat administrasi yang meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
6. Kartu reparasi
7. Format label
Buku lainnya yang melengkapi perangkat administrasi di atas adalah:
1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
2. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium
Program kerja pengelolaan berikutnya adalah Pengadministrasian Alat dan Bahan. Bertujuan untuk memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan. Terutama pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratorium. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatan nama alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempat penyimpanannya. Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini dipergunakan format atau buku perangkat administrasi yang meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
6. Kartu reparasi
7. Format label
Buku lainnya yang melengkapi perangkat administrasi di atas adalah:
1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
2. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium
D. Pengadaan Alat dan Bahan
Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak, hilang, atau habis dipakai diperlukan pengadaan. Pengusulan pengadaan alat dan bahan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan dimulai dengan penyusunan daftar alat dan bahan yang akan dibeli harus sesuai :
Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak, hilang, atau habis dipakai diperlukan pengadaan. Pengusulan pengadaan alat dan bahan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan dimulai dengan penyusunan daftar alat dan bahan yang akan dibeli harus sesuai :
a. Daftar pengusulan diperoleh dari usulan masing-masing guru IPA.
b. program semester/program kegiatan laboratorium atau berdasarkan analisis LKS. Daftar alat dan bahan yang dibeli
c. Dilengkapi dengan spesifikasi alat dan bahan, kemudian alat dan bahan
d. Disusun berdasarkan prioritas, yang kemudian daftar ini diserahkan oleh penanggung jawab laboratorium kepada kepala sekolah.
E. Tata tertib Laboratorium IPA
1. Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru Pembimbing.
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu.
3. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok
1. Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru Pembimbing.
2. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu.
3. Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4. Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok
kerja.
5. Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru pembimbing.
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada guru
5. Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6. Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru pembimbing.
7. Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada guru
pembimbing.
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempat
8. Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempat
semula dalam keadaan bersih.
9. Laboratorium harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa atau
9. Laboratorium harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa atau
kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dari
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dari
Laboratorium.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Kesimpulan
Pelaksanaan program kerja Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Kutowinangun ini diharapkan menjadi solusi dalam menyiasati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja ini sebagai agenda rutin di SMP Negeri 2 Kutowinangun, diharapkan nilai-nilai sains yang telah dipelajari oleh siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan atau hapalan tetap hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.
Pelaksanaan program kerja Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Kutowinangun ini diharapkan menjadi solusi dalam menyiasati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja ini sebagai agenda rutin di SMP Negeri 2 Kutowinangun, diharapkan nilai-nilai sains yang telah dipelajari oleh siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan atau hapalan tetap hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.
TIME SCHEDULE RENCANA PROGRAM KERJA
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
NO | Hari /Tanggal | Kegiatan | Keterangan |
1 | 19-03-2012 | Pembuatan Denah Laboratorium | |
2 | 19-03-2012 | Penyusunan Tata Tertib Laboratorium IPA | |
3 | 02-04-2012 | Penataan Alat dan Bahan | Persiapan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan |
4 | 03-04-2012 | Identifikasi dan mendata alat dan bahan | Memeriksa dalam hal macam, jumlah, sifat fisik, harga dan sebagainya. Pengelompokkan alat dan bahan sesuai kelompok mata pelajaran (fisika,IPA, dan biologi) atau sesuai dengan katalog |
5 | 09-04-2012 | Pengadministrasian Alat dan Bahan | Digunakan format/ buku perangkat administrasi meliputi: 1. Buku inventaris 2. Kartu stok 3. Kartu permintaan/ peminjaman alat/bahan 4. Buku catatan harian 5. Kartu alat/bahan yang rusak 6. Kartu reparasi 7. Format label Kelengkapan perangkat administrasi lainnya: 1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS 2. Program semester kegiatan laboratorium 3. Jadwal kegiatan laboratorium |
8-06-2012 | Pengadaan Alat dan Bahan | Pengusulan dengan mempertimbangkan : a. Percobaan yang akan dilakukan b. Alat dan bahan yang dibeli spesifikasinya jelas c. Ketersediaan dana d. Prosedur pembelian e. Pelaksanaan pembelian | |
TULISANNYA SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA YANG MERUPAKAN PEMULA SEBAGAI KEPALA LAB. MATUR SUWUN
BalasHapusijin copas ya , mksh
BalasHapusijin copas ya
BalasHapusMohon maaf pada semua pembaca yang telah berkenan mengirim komentar, baru kali ini sempat membuka blog, nanti pada kesempatan yang baik akan kami tanggapi setiap komentar. Maaf dan terima kasih.
BalasHapus