Share it

Rabu, 28 Maret 2012

TUGAS-TUGAS DIKLAT KEPALA LABORATORIUM IPA

Program Kerja
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA
SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
Tahun 2011/2012
 BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Laboratorium SMP Negeri 2 Kutowinangun adalah tempat pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahuan tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa, yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Sayangnya sekolah kurang memperhatikan kaidah-kaidah yang jelas tentang pengaturan sebuah laboratorium, yang penting praktikum dapat berjalan lancar.
Untuk itu keberadaan Laboratorium IPA perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP Negeri 2 Kutowinangun.
2. Dasar Pemikiran
a. Visi dan Misi serta Program Kerja SMP Negeri 2 Kutowinangun
b. Program Kerja Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kutowinangun
3.Tujuan
Tujuan dari Program Kerja Pengelola Laboratorium ini adalah :
a.  Agar guru yang telah disertifikasi dapat mengarah kepada guru yang Propesional
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium IPA dalam menjalankan tugasnya.
Program Kerja laboratorium dibuat sebelum semester dimulai.
BAB II
PROGRAM KERJA
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
Program Kerja Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kutowinangun berisikan :
A. Denah Laboratorium



Keterangan Gambar















A
Ruangan Administrasi dan Persiapan Alat dan Bahan

A1
Meja Kepala Laboratorium







A2
Lemari Buku 1















A3
Lemari Buku 2















B
Ruang Penyimpanan Alat dan Bahan


B1
Meja Persiapan Alat












B2
Meja Tempat Komputer










B3
Lemari Penyimpanan Alat dan Bahan


C
Ruang Pelaksanaan Praktikum






D
Meja Tempat Tas/ Buku Siswa






E
Lemari Penyimpana Alat dan Bahan


F
Meja Tempat Westafel











G
Meja Guru Instruktur












H
Lemari Asam

















I
Meja Praktek Siswa













J
Papan Tulis


















1
Pintu Masuk

















2
Pintu Keluar


















3
Pintu Ruang Administrasi









4
Pintu Ruang Penyimpanan Alat






Kursi























Westafel/ tempat pencucian Alat




















































































B. Penataan Alat dan Bahan
Penataan alat dan bahan praktik IPA  merupakan program kerja pengelolaan laboratorium IPA yang sangat bergantung kepada fasilitas yangada di laboratorium dan kepentingan pemakai laboratorium. Fasilitas yang dimaksuddalam hal ini adalah adanya ruang penyimpanan khusus (gudang), ruang persiapan dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari, kabinet, dan rak-rak. Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang dikerjakan terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sebagai berikut:
1. Persiapan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan
    yang tersedia, misalnya lemari, laci, dan rak.
2. Identifikasi, mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya,
    jumlahnya, sifat fisiknya, harganya, dan sebagainya.
3. Melaksanakan pengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata
    pelajaran (fisika,IPA, dan biologi) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk.
C. Pengadministrasian Alat dan Bahan
Program kerja pengelolaan berikutnya adalah Pengadministrasian Alat dan Bahan. Bertujuan untuk memudahkan pengecekan, penggunaan, pemeliharaan, pengadaan. Terutama pertanggungjawaban, semua fasilitas dan alat-alat/bahan di laboratorium. Pengertian pengadministrasian disini adalah pencatatan nama alat/bahan, jumlahnya, ukurannya, mereknya, nomor kodenya, dan tempat penyimpanannya. Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini dipergunakan format atau buku perangkat administrasi yang meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang rusak
6. Kartu reparasi
7. Format label
Buku lainnya yang melengkapi perangkat administrasi di atas adalah:
1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
2. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium
D. Pengadaan Alat dan Bahan
Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak, hilang, atau habis dipakai diperlukan pengadaan. Pengusulan pengadaan alat dan bahan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Percobaan apa yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan apa yang akan dibeli (dengan spesifikasi jelas)
c. Apakah dana tersedia
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian
Prosedur pengadaan alat dan bahan dimulai dengan penyusunan daftar alat dan bahan yang akan dibeli harus sesuai :
a.  Daftar pengusulan diperoleh dari usulan masing-masing guru IPA.
b. program semester/program kegiatan laboratorium atau berdasarkan analisis LKS. Daftar alat dan bahan yang dibeli
c. Dilengkapi dengan spesifikasi alat dan bahan, kemudian alat dan bahan
d. Disusun berdasarkan prioritas, yang kemudian daftar ini diserahkan oleh penanggung jawab laboratorium kepada kepala sekolah.
E. Tata tertib Laboratorium IPA
1.       Siswa tidak dibenarkan masuk kedalam Lab tanpa izin Guru Pembimbing.
2.       Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan memakai sepatu.
3.       Siswa masuk Laboratorium tidak dibenarkan membawa makanan.
4.       Siswa diwajibkan menempati tempat yang sudah ditentukan sesuai kelompok
        kerja.
5.       Alat dan bahan yang digunakan sesuai dengan petunjuk Praktikum .
6.       Jika ada alat-alat yang rusak siswa segera melaporkan kepada guru pembimbing.
7.       Jika terjadi kecelakaan dalam Praktikum segera melaporkan kepada guru
       pembimbing.
8.       Setelah melakukan Praktikum siswa harus mengembalikan Alat/bahan ketempat
       semula dalam keadaan bersih.
9.        Laboratorium harus dalam keadaan bersih setelah selesai kegiatan
10. Kerusakan atau kehilangan alat terjadi akibat kelalaian siswa, siswa atau
          kelompok kerjanya harus menggantinya.
11. Siswa yang tidak mengindahkan tata tertib dapat diberi sangsi /dikeluarkan dari
          Laboratorium.

BAB III
PENUTUP
    Kesimpulan
Pelaksanaan program kerja Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Kutowinangun ini diharapkan menjadi solusi dalam menyiasati besarnya tanggung jawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di sekolah. Dengan adanya pelaksanaan program kerja ini sebagai agenda rutin di SMP Negeri 2 Kutowinangun, diharapkan nilai-nilai sains yang telah dipelajari oleh siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan atau hapalan tetap hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.

TIME SCHEDULE RENCANA PROGRAM KERJA
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN
NO
Hari /Tanggal
Kegiatan
Keterangan
1
19-03-2012

Pembuatan Denah Laboratorium

2
19-03-2012

Penyusunan Tata Tertib Laboratorium IPA


3
02-04-2012
Penataan Alat dan Bahan
Persiapan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan
4
03-04-2012


Identifikasi dan mendata alat dan bahan
Memeriksa dalam hal macam, jumlah, sifat fisik, harga dan sebagainya.
Pengelompokkan alat dan bahan sesuai kelompok mata pelajaran (fisika,IPA, dan biologi) atau sesuai dengan katalog

5
09-04-2012

Pengadministrasian Alat dan Bahan
Digunakan format/ buku perangkat administrasi meliputi:
1. Buku inventaris
2. Kartu stok
3. Kartu permintaan/ peminjaman alat/bahan
4. Buku catatan harian
5. Kartu alat/bahan yang    rusak
6. Kartu reparasi
7. Format label
Kelengkapan perangkat administrasi lainnya:
1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
2. Program semester kegiatan laboratorium
3. Jadwal kegiatan laboratorium


8-06-2012

Pengadaan Alat dan Bahan
Pengusulan dengan mempertimbangkan :
a. Percobaan yang akan dilakukan
b. Alat dan bahan yang dibeli spesifikasinya jelas
c. Ketersediaan dana
d. Prosedur pembelian
e. Pelaksanaan pembelian






1 komentar:

  1. TULISANNYA SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA YANG MERUPAKAN PEMULA SEBAGAI KEPALA LAB. MATUR SUWUN

    BalasHapus